LAPORAN PRAKTIKUM PARIWISATA ALAM PENILAIAM POTENSI ATRAKSI WISATA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADO ODTWA DAN METODE BUREAU OF LAND MANAGEMENT YANG DIMODIFIKASI

 

ACARA I

PENILAIAM POTENSI ATRAKSI WISATA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADO ODTWA DAN METODE BUREAU OF LAND MANAGEMENT  YANG DIMODIFIKASI

 

ABSTRAK

Wisata alam merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik alam dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik itu alami maupun budidaya. Analisis potensi dan daya tarik wisata alam menggunakan  pedoman Analisis Daerah Operasi – Objek dan Daya tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) Ditjen PHKA 2003.  Sedangkan Metode Bureau of Land Management analisa visual lanskap dilakukan untuk mengetahui karateristik dan kualitas sumberdaya visual (visual lanskap) dari tiap obyek analisis dilakukan dengan cara menentukan nilai visual lanskap dari observasi lapangan dilanjutkan dengan membuat klasifikasi dari potensi tersebut. Penilaian potensi wisata alam dilakukan pada kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Nilai dari hasil perhitungan analisis ADO-ODTWA kelas potensi daya tarik wisata alamnya sedang, sedangkan pada analisis BLM kelas potensi daya tarik wisata alamnya tinggi.

 

I.         TUJUAN

Tujuan dari praktikum kali ini yaitu Mahasiswa mampu mempraktekkan penilaian potensi atraksi wisata alam dengan menggunakan Metode ADO ODTWA (Ditjen PHKA, 2002) dan Metode Bureau of Land Management (1986), yang dimodifikasi untuk diterapkan pada ekosistem tertentu.

 

II.      DASAR TEORI

Pariwisata berasal dari bahasa sansekerta, yaitu Pari yang berarti banyak, berkali-kali, berputar-putar, lengkap, dan wisata yang berarti perjalanan, bepergian. Pariwisata menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia yang menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Pada awal abad ke-20, pariwisata telah menjadi bagian dari hak asasi manusia tidak hanya kegiatan yang dinikmati oleh segelintir orang-orang yang relatif kaya (Sari dan Sabri, 2017).  

Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang didalamnya terdiri dari wisatawan, daerah tujuan wisata, perjalanan, industri dan lain sebagainya yang merupakan kegiatan pariwisata. Pariwisata menjadiandalan utama sumber devisa karena Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki beraneka ragam jenis pariwisata, misalnya wisata alam, sosial maupun wisata budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain menyimpan berjuta pesona wisata alam nyabegitu indah, Indonesia juga kaya akan wisata budayanya yang terbukti dengan begitu banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah serta keanekaragaman seni dan adat budaya masyarakat lokal yang menarik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, sehingga dengan banyaknya potensi yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata (Devy,2017)

Obyek wisata alam adalah sumberdaya alam yang berpotensi serta mempunyai daya tarik bagi wisatawan danupaya pembinaan cinta alam baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usahanya. Obyek wisata adalah suatu perwujudan dari ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya serta sejarah dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan (Fandeli, 2002). Menurut Fandeli dan Nurdin (2005) Pariwisata sebagai green industry akan dapat menekan laju pengrusakan sumberdaya alam dan lingkungan.  Green industry sangat sesuai dengan pariwisata yang berbasis alam utamanya ekowisata.  Ekowisata yang menciptakan pariwisata berkualitas memungkinkan akan dapat mempertahankan kualitas obyek dan daya tarik alam dan dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat lokal.  Namun demikian apabila tidak direncanakan dengan konsep pembangunan pariwisata berwawasan lingkungan kerusakan lingkungan akan terjadi.  Pentingnya perencanaan dalam pengembangan pariwisata sebagai suatu industri tidak lain adalah agar perkembangan industri pariwisata sesuai dengan apa yang telah dirumuskan dan berhasil mencapai sasaran yang dikehendaki baik itu ditinjau dari segi ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup.  Perencanaan dapat menginformasikan bagaimana kondisi dimasa mendatang melalui langkah -langkah yang akan diambil dalam proses implementasinya secara lebih efisien dan sesuai dengan kondisi kawasan yang dikelola.

Soekadijo (2000), mendefinisikan prasarana (infratructure) adalah semua hasil kontruksi fisik, baik yang ada di atas maupun di bawah tanah, diperlukan sebagai prasyarat untuk pembangunan, diantaranya dapat berupa pembangkit tenaga listrik, fasilitas kesehatan, dan pelabuhan. Sarana (suprastucture) adalah segala sesuatu yang dibangun dengan memanfaatkan prasarana”.  Sarana dan Prasarana sosial menyangkit didalamnya alat transportasi yang digunakan untuk mencapai kawasan objek wisata, prasarana komunikasi untuk mengetahui keberadaan kawasan objek wisata. Sedangkan prasarana sosial diantaranya mencakup sistem pendidikan yang dapat menentukan kualitas sumber daya manusia, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada wisatawan, faktor keamanan yang dapat membuat wisatawan merasa aman berada di objek wisata dan pelayanan yang diberikan oleh petugas secara langsung. 

 

 

 

                DAFTAR PUSTAKA

Devy, Helln Angga. 2017. Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No. 1 Tahun 2017 ISSN : 0215/9635

Fandeli, Chafid. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Fakultas Kehutanan UGM, Yogyakarta.

Fandeli, C. dan M. Nurdin. 2005. Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi di Taman Nasional. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Pusat Studi Pariwisata UGM dan Kantor Kementerian Lingkungan Hidup. Yogyakarta.

Sari, Diah Paramita; Sabri, M. Analisis Potensi Objek Daya Tarik Wisata Alam Di Desa Deluk Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 2017, 3.4: 423-423.

Soekadijo, R. G. 2000. Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata Sebagai Systemic Link age. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Komentar

Postingan Populer